Home > Hadits

Kampung Akhirat, Surga yang tak Terlintas dalam Hati Manusia

Surga disediakan oleh Allah bagi hambanya yang saleh, dan bentuk surga tak terlintas di pikiran manusia.

Kampung Akhirat, Surga yang tak Terlintas dalam Hati Manusia

Oleh Syahruddin El Fikri

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Setiap pribadi muslim tentu berharap dirinya akan dimasukkan ke dalam Surga oleh Allah SWT. Karena hanya itulah dambaan dan cita-cita tertingginya.

Tidak ada kenikmatan yang lebih diinginkan, kecuali surga. Sebab, sebagaimana digambarkan dalam Al Quran maupun hadis Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam, surga itu sungguh indah dan mereka yang masuk ke dalamnya, dipastikan tidak ingin keluar lagi.

Dalam Hadits yang diriwayatkan Imam Muslim Nomor 5052 disebutkan bahwa, gambaran surga itu adalah sebagai berikut;

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَأَبُو كُرَيْبٍ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ ح و حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ وَاللَّفْظُ لَهُ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ أَبِي صَالِحٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ أَعْدَدْتُ لِعِبَادِيَ الصَّالِحِينَ مَا لَا عَيْنٌ رَأَتْ وَلَا أُذُنٌ سَمِعَتْ وَلَا خَطَرَ عَلَى قَلْبِ بَشَرٍ ذُخْرًا بَلْهَ مَا أَطْلَعَكُمْ اللَّهُ عَلَيْهِ ثُمَّ قَرَأَ { فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ }

Telah menceritakan kepada kami [Abu Bakr bin Abu Syaibah] dan [Abu Kuraib] keduanya berkata: Telah menceritakan kepada kami [Abu Mu'awiyah]. Telah menceritakan kepada kami [Ibnu Numair], teks miliknya, telah menceritakan kepada kami [ayahku] telah menceritakan kepada kami [Al A'masy] dari [Abu Shalih] dari [Abu Hurairah] berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam bersabda: "Allah 'azza wajalla berfirman: 'Aku telah menyiapkan sesuatu yang belum pernah dilihat mata, belum pernah didengar telinga dan tidak pernah terlintas dibenak manusia untuk hamba-hamba-Ku yang shalih.' Sebagai simpanan, biarkan apa yang diperlihatkan Allah pada kalian." Setelah itu beliau membaca: "Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang." (As Sajdah: 17).

Demikianlah gambaran surga yang disebutkan oleh Rasulullah SAW. Semoga semua sahabat Rumah Berkah dimasukkan ke dalam surga tanpa hisab. Aamiin ya rabbal alamin.(SFR/Rumah Berkah)

× Image