Home > Agama

Enam Hak Muslim Atas Muslim Lainnya, Apa Saja?

Setiap muslim mempunyai hak atas muslim lainnya.

Enam Hak Seorang Muslim Atas Muslim Lainnya, Apa Saja

Oleh Syahruddin El Fikri

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Setiap muslim mempunyai hak dan kewajiban. Misalnya hak untuk hidup, hak untuk makan, hak untuk bekerja, hak untuk berusaha, dan lainnya.

Selain itu, dia juga punya kewajiban atas dirinya kepada orang lain, misalnya menjaga kebersihan, menjaga kedamaian, menjaga kerukunan, kewajiban melaksanakan ibadah kepada Allah, kewajiban atas keluarganya, kewajiban pada lingkungannya, dan lain sebagainya.

Allah SWT juga punya hak atas manusia, khususnya. Allah telah memerintahkan manusia untuk beriman dan hanya menyembah kepada-Nya. Tidak kepada yang lain. Tidak menyekutukannya dengan sesuatu apapun. Andai itu dilanggar, maka tentu akan ada balasan atas pelanggaran tersebut.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam (SAW), yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda:

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ وَقُتَيْبَةُ وَابْنُ حُجْرٍ قَالُوا حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ وَهُوَ ابْنُ جَعْفَرٍ عَنْ الْعَلَاءِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ قِيلَ مَا هُنَّ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَسَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Ayyub dan Qutaibah serta Ibnu Hujr, mereka berkata, telah menceritakan kepada kami Isma'il, yaitu Ibnu Ja'far dari Al 'Alla dari Bapaknya dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, "Hak seorang muslim terhadap muslim yang lain ada enam perkara." Lalu beliau ditanya, 'Apa yang enam perkara itu, wahai Rasulullah? Jawab beliau: (1) Bila engkau bertemu dengannya, ucapkankanlah salam kepadanya. (2) Bila ia mengundangmu, penuhilah undangannya. (3) Bila ia meminta nasihat, berilah dirinya nasihat. (4) Bila ia bersin lalu membaca tahmid, doakanlah semoga ia mendapatkan rahmat. (5) Bila ia sakit, kunjungilah dirinya. (6) Dan bila ia meninggal dunia, ikutlah mengantar jenazahnya ke pekuburan." (HR. Muslim).

Sahabat Rumah Berkah

Dari keterangan hadis di atas, seseorang muslim punya hak yang harus ditunaikan. Ada enam Hak setiap muslim, yakni mengucapkan salam bila berjumpa, memenuhi undangan, memberi nasihat, berdoa saat bersin, mengunjungi saat sakit, dan keenam adalah mengurus jenazahnya bila ia meninggal dunia.

× Image