Home > Al Quran

Asbabun Nuzul Surat Al Ma'idah ayat 87

Asbabun Nuzul berkaitan erat dengan sebuah peristiwa, termasuk surat Al Ma#039idah ayat 87.
Makan daging (ilustrasi).
Makan daging (ilustrasi).

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Ayat-ayat Al-Qur'an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam (SAW) biasanya berkaitan dengan sebuah peristiwa atau istilah lainnya disebut dengan Asbabun Nuzul, yakni sebab-sebab diturunkannya ayat tersebut.

Salah satu ayat yang diturunkan terkait sebuah peristiwa adalah Surat Al Ma'idah ayat 87. Berikut ini ayatnya;

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحَرِّمُوْا طَيِّبٰتِ مَآ اَحَلَّ اللّٰهُ لَكُمْ وَلَا تَعْتَدُوْا ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِيْنَ

Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mengharamkan apa yang baik yang telah dihalalkan Allah kepadamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (QS. Al Ma'idah: 87).

Adapun Asbabun Nuzul ayat ini berkaitan dengan kisah para sahabat Nabi Muhammad Saw yang ingin mengetahui lebih banyak tentang amalan yang biasa dikerjakan Rasulullah SAW.

Dalam tafsir Ibnu Katsir disebutkan sebagai berikut:Dalam hadits shahih Bukhari Muslim diriwayatkan dari Aisyah bahwa ada sekelompok orang dari sahabat Rasulullah SAW bertanya kepada istri-istri Nabi SAW tentang amal beliau yang tersembunyi.

Lalu sebagian mereka berkata, "Aku tidak makan daging." Sebagian lain berkata; "Aku tidak menikahi wanita." Dan lainnya berkata, Aku tidak tidur di atas kasur."

Lalu hal itu sampai kepada Nabi SAW, dan beliau bersabda: “Apakah yang dialami oleh kaum itu, seseorang dari mereka mengatakan ini dan itu, tetapi aku berpuasa dan berbuka, aku tidur dan bangun, aku makan daging, dan aku menikahi wanita. Maka barang siapa yang tidak suka dengan sunnahku, maka dia bukan dari golonganku”

Demikianlah, riwayat singkat tentang Asbabun Nuzul ayat 87 dari Surat Al Ma'idah. Semoga bermanfaat.

(Syahruddin El Fikri/Rumah Berkah)

× Image