Home > Doa

Doa Akhir Tahun, Latin, dan Terjemahnya

Setan menyesal menggoda manusia karena dosa setahun yang dilakukannya terhapus.

Doa Akhir Tahun, Latin, dan Terjemahnya

SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Tahun baru Islam akan segera tiba. Seluruh umat Islam tentu berharap tahun akan datang lebih baik dari tahun sebelumnya, membawa keberkahan, keselamatan, lancar rezeki, umur yang barokah, keluarga sehat lahir batin, dan seluruh hajatnya dikabulkan Allah SWT.

Berikut ini adalah doa akhir tahun yang diajarkan para ulama untuk diamalkan umat Islam. Salah satu tujuannya, agar hidup diberkahi oleh Allah, dan dijauhkan dari godaan setan.

Cara mengamalkannya adalah sebagai berikut:

1. Dibaca di waktu Ashar

2. Di awali dengan membaca Surat Al Fatihah, lalu membaca Surat Yasin.

3. Membaca Doa Akhir Tahun berikut ini.

4. Setelah selesai membaca doa tersebut, ulangi lagi membaca Fatihah, Yasin, dan doa tersebut hingga tiga (3) kali.

Baca Juga: Doa Akhir Tahun

  اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ 

Allahumma maa 'alimtu min 'amali fiy hadzihis sanati ma nahaytaniy 'anhu walam atub minhu wa halumta fiyha 'alaya bifadhlika Ba'da qudrotika 'ala 'uquubatiy wada'autaniy ilat taubati min ba'di jarooati 'ala ma'shiyatika, fa innistaghfartuka faghfirliy wa maa 'amiltu fiha mimma tardho wa wa'adtaniy 'alaihits-tsawaaba fa as’aluka An tataqobbala minniy wa laa taqto' rojaa’ii Minka yaa kariim.

“Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”

Baca Juga: 20 Peristiwa di Sekitar Bulan Muharram

Demikian doa akhir tahun yang dalam salah satu keutamaannya adalah ungkapan penyesalan iblis atau setan yang menggoda manusia dikarenakan mereka membaca doa tersebut. Sepanjang tahun iblis atau setan menggoda manusia, dosanya akan dihapuskan Allah dengan membaca doa tersebut dan sesuai tata cara tersebut. Wallahu A'lam. (sajada.id)

Artikel Terkait:

Tujuan dari Hijrah Rasulullah ke Madinah

Selain Rasulullah, Inilah Para Nabi yang Juga Melakukan Hijrah

Mengapa Rajab, Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram Disebut Bulan Mulia

Doa Awal Tahun Hijriyah

Setan Menyesal Menggoda Manusia Karena Membaca Doa Ini

12 Amalan Hari Asyura

× Image