Home > Hadits

Mana yang Harus Diutamakan, Bersedekah kepada Fakir Miskin, Anak Yatim, atau Kerabat Terdekat?

Pintu sedekah selalu terbuka, bahkan banyak hal yang bisa disedekahkan, mulai dari harta benda, tenaga, maupun dengan senyuman.

Sedekah yang Terbaik, Kepada Fakir Miskin atau Keluarga Terdekat?

SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Pintu sedekah selalu terbuka, bahkan banyak hal yang bisa disedekahkan, mulai dari harta benda, tenaga, maupun dengan senyuman.

Lalu bila ada fakir miskin, anak yatim, dan kerabat terdekat, manakah yang lebih utama untuk diberi sedekah?

Dalam sebuah hadits, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda:

حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ قَالَ أَخْبَرَنَا هِشَامٌ عَنْ حَفْصَةَ عَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ الصَّدَقَةُ عَلَى الْمِسْكِينِ صَدَقَةٌ وَالصَّدَقَةُ عَلَى ذِي الرَّحِمِ اثْنَتَانِ صَدَقَةٌ وَصِلَةٌ

Telah menceritakan kepada kami Yazid ia berkata, telah mengabarkan kepada kami Hisyam dari Hafshah dari Salman bin Amir Adl Dlabbi ia berkata, "Saya mendengar Rasulullah bersabda, "Sedekah kepada fakir miskin bernilai satu sedekah. Sedangkan sedekah kepada kerabat dekat mempunyai dua nilai; sedekah dan menyambung silaturahim." (HR. Abu Dawud No. 17211)

Demikianlah sedekah yang harus didahulukan diberikan dan yang terbaik berdasarkan hadits Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat.

Syahruddin El Fikri/SAJADA.ID

× Image