Home > Fiqih

Siapa yang Kalau Salam ke Kanan dan ke Kiri Pakai "Wabarakatuh"?

Tidak disunnahkan menambahkan kata "Wabarakatuh" saat akan mengakhiri shalat saat menengok ke kanan dan kiri.

لا بأس أن يقتصر المصلي في تسليمه من صلاته على قول ” السلام عليكم ” ، ولكن الأفضل عند أكثر الفقهاء أن يقول المصلي في التسليم :” السلام عليكم ورحمة الله ” مرة عن يمينه ومرة عن يساره . وأما زيادة قوله :”وبركاته ” ففيه خلاف ، فيخير المصلي بين قوله وبين تركه والاقتصار على قوله :” السلام عليكم ورحمة الله وبركاته” والأولى تركه .

"Tidaklah mengapa mengucapkan salam yang ringkas saat akhir shalat dengan membaca 'Assalamu'alaikum'. Akan tetapi yang lebih utama (Afdhal) di kalangan ahli fikih (fuqaha) saat mengucapkan salam ketika akhir shalat adalah "Assalamualaikum warahmatullahi" satu kali ke kanan dan satu kali ke kiri. Dan adapun menambahkan perkataan atau kalimat "Wabarakatuh" di kalangan ahli fikih adalah ikhtilaf yang artinya ada perbedaan pendapat: ada yang menggunakan dan banyak pula yang meninggalkannya. Tetapi ada juga yang membaca dengan kalimat berikut: "Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh." Atas hal ini, maka ucapan ini sebaiknya ditinggalkan lebih baik."

ذهب الحنفية والشافعية والحنابلة إلى أن الأكمل في التسليم في الصلاة أن يقول : السلام عليكم ورحمة الله , عن يمينه ويساره ; لحديث ابن مسعود وجابر بن سمرة وغيرهما رضي الله تعالى عنهم : أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يسلم عن يمينه وعن شماله حتى يرى بياض خده السلام عليكم ورحمة الله، السلام عليكم ورحمة الله (رواه أبو داود ، وابن ماجه ، و النسائي ، وصححه الألباني) . فإن قال : السلام عليكم – ولم يزد – يجزئه ; لأن النبي صلى الله عليه وسلم قال : { تحليلها التسليم } والتحليل يحصل بهذا القول , ولأن ذكر الرحمة تكرير للثناء فلم يجب , كقوله : وبركاته

Artinya: Para ahli fikih dari Madzhab Hanafi, Syafi'i, dan Hambali bersepakat bahwa lafal salam saat mengakhiri shalat adalah mengucapkan "Assalamualaikum warahmatullahi" sekali ke kanan dan sekali ke kiri. Hal ini didasarkan pada hadits Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas'ud dari Jabir, dari Samrah dan sebagian lainnya (RA), "Sesungguhnya Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam ketika menengok ke kanan dan kiri saat salam dengan mengucapkan "Assalamualaikum warahmatullahi" dan "Assalamualaikum warahmatullahi." (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan An Nasa'i).

× Image