Home > Agama

BMH Gelar Public Expose Zakat

BMH bukukan pengumpulan zakat tahun 2023 sebesar Rp. 291 Miliar.
Direktur BMH Supendi S.Kom menyampaikan sambutan saat acara Public Expose BMH di Jakarta, Selasa (5/3)/ Sumber: (syahruddin el fikri/sajada.id)
Direktur BMH Supendi S.Kom menyampaikan sambutan saat acara Public Expose BMH di Jakarta, Selasa (5/3)/ Sumber: (syahruddin el fikri/sajada.id)

BMH Gelar Public Expose Zakat

.

SAJADA.ID--Baitul Maal Hidayatullah (BMH) menggelar Public Expose 2024. Kegiatan yang mengusung tema "Bahagia dengan Berbagi" digelar dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan 1445 Hijriyah.

Dalam momentum istimewa ini, Public Expose BMH mempersembahkan titik puncak kebaikan dalam siklus satu tahun Ramadhan. Bersama umat Islam di Indonesia, BMH telah berkiprah dalam misi kebaikan yang luas, bermakna dan berkelanjutan.

Direktur Utama Laznas BMH Supendi, S.Kom,. M.M mengatakan, sejumlah program kebaikan telah berhasil dijalankan dengan sukses, mulai dari pemberian beasiswa untuk anak yatim dhuafa, pengiriman dai sarjana, penguatan kiprah dai tangguh (melalui hibah motor dai, pembangunan rumah dai tangguh perbatasan) hingga pemberdayaan ekonomi keluarga pra-sejahtera.

“BMH juga turut serta dalam berbagai program kemanusiaan, seperti penanggulangan bencana banjir di Demak dan Grobogan, serta memberikan bantuan ke Palestina,” ujar Supendi dalam sambutannya di Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah, Jakarta Timur, Selasa (05/03/2024).

Pada acara Public Expose ini juga dihadiri jajaran DPP Hidayatullah, direksi BMH, Menko PMK yang diwakili Asisten Deputi Puad Dasar dan Menengah, Jazziray Hartoyo, Rizaluddin Kurniawan, Pimpinan BAZNAS bidang Pengumpulan Zakat, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI Prof Waryono, Penulis dan Influencer Maman Suherman, serta sejumlah lembaga zakat lainnya.

Supendi menjelaskan, public expose yang berlangsung secara offline dan online ini secara serentak diikuti di 35 provinsi. Ajang ini merupakan media pertanggungjawaban untuk melaporkan kepada umat atas dana yang diserahkan kepada BMH untuk dikelola.

“Kami berharap kabar kebaikan ini bisa disampaikan ke pelosok negeri sehingga semakin banyak masyarakat yang mengetahui kiprah BMH dan suatu saat akan semakin banyak masyarakat yang berminat untuk sama-sama turut menjadi kebaikan,” katanya.

Kolaborasi dan sinergitas yang telah terjalin selama ini bersama masyarakat, sponsor dan mitra lanjut Supendi, semakin kuat di tahun 2024 sehingga keberadaan BMH semakin dirasakan masyarakat.

Dana Zakat Sebesar Rp 291 Miliar

Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) berhasil membukukan pengumpulan zakat sepanjang tahun 2023 sebesar Rp. 291 miliar. Hal itu disampaikan Sekretaris Laznas BMH Dede Heri Bachtiar, saat public expose BMH di Gedung DPP Hidayatullah, Jakarta, Selasa (5/3).

"Kami bersyukur, Laznas BMH bisa membukukan pengumpulan zakat yang terus meningkat setiap tahunnya," ujar Dede Heri Bachtiar, seperti dikutip dari Republika.co.id.

Dede menyebutkan, pada tahun 2021, pihaknya membukukan pengumpulan zakat sebesar Rp. 270 Miliar, dan pada tahun 2022, meningkat menjadi Rp. 275 miliar. "Sedangkan pada tahun 2023 lalu, BMH bisa mengumpulkan zakat dari masyarakat sebesar Rp. 291 miliar," ujarnya.

Melihat pertumbuhan yang demikian besar, pihaknya menargetkan pengumpulan zakat pada tahun 2024 ini sebesar Rp. 310 Miliar. "Kami berharap bisa melampaui target ini," terangnya.

Dede menambahkan, dari pengumpulan dana zakat sepanjang tahun 2023, pihaknya telah mengeluarkan dana tersebut untuk beberapa program, seperti pendikan, dakwah, sosial kemanusiaan, dan pemberdayaan ekonomi.

"Untuk bidang pendidikan dikeluarkan sebesar Rp. 40 miliar lebih dengan jangkauan siswa (santri/mahasiswa) sebanyak 139.819 orang," ungkapnya. Adapun untuk kegiatan dakwah sebanyak Rp. 67 miliar lebih dengan jangkauan sebanyak 311.320 orang, kegiatan sosial kemanusiaan sebesar Rp. 75 miliar, sebagian digunakana untuk Palestina, dan kegiatan pemberdayaan ekonomi sebanyak 644 juta, atau sekitar 3.202 penerima manfaat.

Dede menyebutkan dari total pengumpulan dana zakat tersebut, sebanyak 84 persen digunakan untuk pemdayagunaan, dan sebanyak 9,8 persen untuk operasional, serta rasio amil sebesar 9,08 persen. "Kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada BMH untuk menyalurkan dan mendistribusikannya, sehingga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat luas," ujarnya.

× Image