Home > Agama

Ma'had Aly Babussalam Wisuda 64 Sarjana Agama, Enam Raih Nilai Mumtaz

Sebanyak enam di antaranya meraih nilai Mumtaz (cumlaude).

Ma'had Aly Babussalam Wisuda 64 Sarjana Agama, Enam Raih Nilai Mumtaz

SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT.

Sebanyak 64 mahasantri Ma'had Aly Babussalam Al-Hanafiyyah Matangkuli Aceh Utara mengikuti Wisuda Sarjana Agama (S.Ag) pertama kali sejak Ma'had Aly Babussalam memperoleh izin operasional dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2019.

Wisuda yang diselenggarakan pada Kamis, 28 Desember 2023 ini berlangsung di Komplek Dayah Babussalam Al-Hanafiyyah Matangkuli Gampong Blang dan dihadiri oleh para tamu undangan dan seribuan santri Dayah Babussalam dan wali santri.

"Dari 64 mahasantri yang diwisuda ini, terdiri dari 39 mahasantri putra dan 25 mahasantri putri. Dan sebanyak enam di antaranya meraih nilai Mumtaz (Cumlaude) yaitu atas nama Tgk. Rahayu Marzani, Tgk. Evi Malinda, Tgk Syarwan, Tgk.Cut Marfira, Tgk Al Mubasyir dan Tgk. Hayatul Rahmi," ujar Mudir Ma'had Aly Babussalam, Tgk. Dr. Teuku Zulkhairi dalam sambutannya.

Dalam sambutannya, Dr. Zulkhairi juga menyampaikan, bahwa tantangan terbesar para mahasantri setelah menjadi Sarjana Agama adalah bagaimana dengan bekal keilmuan yang telah dimiliki agar dapat memberikan kontribusi di masyarakat.

Di sisi lain, kata Zulkhairi, tanggungjawab para sarjana Ma'had Aly adalah bagaimana menjadi Sarjana Agama yang mampu teladan di masyarakat.

"Masyarakat tidak hanya melihat ilmu yang kita miliki, tapi akhlak kita. Ketinggian ilmu akan dilihat ukurannya dari akhlak kita," ujar Dr. Zulkhairi.

Ia juga mengatakan, sebagai lulusan Ma'had Aly, para mahasantri diharapkan dapat terus memberikan kontribusi keilmuan sebagaimama para ulama dahulu dengan melahirkan karya-karya kontemporer yang dibutuhkan masyarakat kita.

Sementara itu, Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Prof.Dr. Syamsul Rijal, M.Ag yang menyampaikan orasi ilmiah mengatakan bahwa para Sarjana Ma'had Aly Babussalam Al-Hanafiyyah harus mampu memberikan kontribusi pemikiran dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang mendera Kabupaten Aceh Utara khsusunya, Aceh dan Indonesia umumnya.

"Dengan basis keilmuan Tafsir Ahkam yang telah dipelajari, para Sarjana Agama alumnus Ma'had Aly Babussalam ini harus tampil mendorong para pengambil kebijakan di Aceh Utara khsusunya agar menyelesaikan berbagai persoalan di Aceh Utara seperti banjir dan sebagainya," ujar Prof. Syamsul Rijal.

× Image