Home > Hadits

Hadis Ke-6 Arbain Nawawi, Jauhi Perbuatan Syubhat karena Akan Mencelakakan Diri

Menjauhi Perbuatan Syubhat atau tidak jelas dan cenderung haram, lebih ditinggalkan, sebagaimana diterangkan dalam hadis ke-enam Kitab Arbain Nawawi.

Hadits ke-6 Arbain Nawawi:

Jauhi Perbuatan Syubhat karena Akan Mencelakakan Diri

Sahabat Rumah Berkah.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam (SAW) senantiasa mengingatkan umatnya untuk berhati-hati pada hal-hal yang dapat membahayakan dirinya, termasuk dalam masalah syubhat (samar atau tidak jelas dan meragukan).

Dalam hadis ke-enam kitab Arbain Nawawi diterangkan bahwa:

عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : إِنَّ الْحَلالَ بَيِّنٌ وَإِنَّ الْحَرَامَ بَيِّنٌ وَبَيْنَهُمَا أُمُورٌ مُسْتَبِهَاتٌ لَا يَعْلَمُهُنَّ كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ، فَمَنِ اتَّقَى الشُّبُهَاتِ فَقَدْ اسْتَبْرَأَ لِدِينِهِ وَعِرْضِهِ، وَمَنْ وَقَعَ فِي الشُّبُهَاتِ وَقَعَ فِي الْحَرَامِ، كَالرَّاعِي يَرْعَى حَوْلَ الْحِمَى يُوشِكُ أَنْ يَرْتَعَ فِيْهِ، أَلَا وَإِنَّ لِكُلِّ مَلِكَ حِمَى أَلَا وَإِنَّ حِمَى اللهِ مَحَارِمُهُ أَلَا وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُألا وهي القلب ارواه البخاري ومسلم)

Dari Abu Abdillah, Nu'man bin Basyir Radhiallahuanhu dia berkata, Saya mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Di antara keduanya terdapat perkara-perkara yang syubhat (samar-samar) yang tidak diketahui oleh orang banyak. Maka siapa yang takut terhadap syubhat berarti dia telah menyelamatkan agamanya dan kehormatannya. Dan siapa yang terjerumus dalam perkara syubhat, maka akan terjerumus dalam perkara yang diharamkan. Sebagaimana penggembala yang menggembalakan hewan gembalaannya di sekitar (ladang) yang dilarang untuk memasukinya, maka lambat laun dia akan memasukinya. Ketahuilah bahwa setiap raja memiliki larangan dan larangan Allah adalah apa yang Dia haramkan. Ketahuilah bahwa dalam diri ini terdapat segumpal daging, jika dia baik maka baiklah seluruh tubuh ini dan jika dia buruk, maka buruklah seluruh tubuh; ketahuilah bahwa dia adalah hati ". (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Hadis Arbain Nawawi No. 1; Pentingnya Niat

Hadis Arbain Nawawi No. 2; Iman, Islam, dan Ihsan

Hadis Arbain Nawawi No. 3: PIlar Islam

Hadis Arbain Nawawi No. 4; Proses Penciptaan Manusia

Hadis Arbain Nawawi No. 5; Tinggalkan Perbuatan yang Dilarang Agama

× Image